PADANG, - Wali Kota (Wako) Padang, Hendri Septa menilai kota yang ia pimpin saat ini berpotensi menjadi Kota Kreatif.
Bahkan, kata Hendri, ada tiga potensi utama yang dapat dikembangkan agar Kota Padang bisa menjadi Kota Kreatif.
“Pertama, Kota Padang memiliki puluhan komunitas pelaku usaha dan memiliki penduduk usia produktif sekitar 70 persen dari total penduduk Kota Padang, ” ujar Hendri Septa dikutip dari InfoPublik, Selasa (14/12/2021).
Kemudian, kata Hendri, Kota Padang juga memiliki puluhan lembaga pendidikan dan pelatihan dengan 60 perguruan tinggi, 38 SMK, puluhan lembaga pelatihan dan balai latihan kerja.
“Kota Padang memiliki keragaman budaya dan etnis yang hidup rukun (Minang, Tionghoa, India, Arab, Batak, Nias dan Jawa) serta memiliki 160 hotel, 37 objek wisata bahari, 71 wisata sejarah, satu wisata budaya, sembilan wisata kuliner dan memiliki puluhan kelompok seni dan budaya, ” ungkapnya.
Karena itulah, sebut Hendri, makanya Kota Padang sangat berpotensi menjadi Kota Kreatif. “Adanya tiga potensi utama itu, kita berharap tercipta pusat pemasaran produk ekraf, meliputi market survey, branding, dan identifikasi pasar/target market, ” paparnya.
Hendri juga berharap adanya kerjasama dengan lembaga pendidikan perguruan tinggi untuk revitalisasi sentra dan kampung tematik.
“Yang perlu dilkukan, fasilitasi startup unggulan Kota Padang, kolaborasi inkubator-akselerator dan program OPD terkait di youth center. Lalu, pengembangan jejaring pembiayaan/investor untuk pendanaan startup/pelaku usaha, ” katanya.(**)